KESULITAN DALAM MENGHAFAL AL-QURAN

Posted on May 5, 2015 By

Allah SWT. Telah memberi kemudahan kepada hambanya untuk mempelajari dan menghafal Al-Quran, sebagaimana Allah SWT. Berfirman dalam surah Al-Qamar ayat 17 yang berbunyi:

“Dan sesungguhnya telah kami mudahkan A-Quran untuk pelajaran, maka adakah orang yang mengambil pelajaran?”

Penegasan tentang kemudahan Al-Quran ini bahkan diulang sebanyak empat kali dalam Surah Al-Qamar, tentunya ada hikmah uar biasa dari pengulangan ayat ini yang membuat kita semakin yakin bahwa Al-Quran sebenarnya bukanlah sesuatu yang sulit untuk dipelajari dan juga dihafal sebagaimana yang telah dilakukan oleh para penghafal Al-Quran saat ini. Meski pada akhirnya, semuanya akan kembali pada motivasi kita dan keridhaan Allah sehingga memberikan kemudahan dan menjdikan kita diantara hamba-hambaNya yang dipilih untuk menjaga Al-Quran yang agung ini.

Kesulitan menghafal Al-Quran yang dimaksud dalam hal ini bukan dikarenakan seolah-olah Al-Quran ini sulit dihafal, karena sebagaimana janji Allah SWT, bahwa Al-Quran ini sudah dimudahkan mempelajari dan menghafalkannya. Namun kesulitan yang dimaksud disini lebih kepada persoalan teknis menghafal, sehingga menyebabkan lemah motivasi untuk melanjutkan menghafal, bahkan akhirnya menjadi malas karena merasa ayat-ayat yang sudah dihafakan sulit diingat dan mudah sekali lupa. Sebenarnya, para penghafal Al-quran sudah membuktikan bahwa dengan motivasi yang kuat untuk menhafal akan melahirkan usaha yang gigih secara tus menerus menghafal dan dengan izin Allah akhirnya mereka itupun dapat menghafal 30 juz.

Persoalan teknis menghafal Al-Quran yang sering dialami, paling tidak oleh saya pribadi dan mungkin oeh Anda yang mencoba menghafal A-Quran, jika diidentifikasi diantaranya ialah:

  • Lemahnya motivasi menghafal Al-Quran
  • Kesulitan menghafal Ayatnya
  • Kesulitan menghafal bunyi awal ayat
  • Hanya hafal satu paket surah sehingga kesulitan melanjutkan ayat ketika lupa di tengah-tengah surah
  • Kesulitan menghafal bunyi ayat-ayat yang mirip terutama pada akhir ayat
  • Masalah lain tiap individu.

SILAHKAN BERTANYA ATAU KOMENTARI

Uncategorized