Kebiasaan yang merusak otak

Posted on May 7, 2015 By

Otak merupakan tubuh yang paling vital dan penting bagi kelangsungan hidup manusia , jika di ibaratkan manusia adalah sebuah komputer otak merupakan prosessornya, tapi tanpa di sadari setiap harinya otak bisa mengalami kerusakan dari kebiasaan hidupr kita sehari-hari. Otak manusia terdiri dari 100 miliar saraf yang masing masing terkait 10 ribu saraf lain, otak adalah organ tubuh vital yang merupakan pusat pengendali system saraf pusat, otak megatur dan mengkoordinir sebagian besar gerakan perilaku dan fungsi tubuh homeostasis seperti detak jantung tekanan darah keseimbangan cairan tubuh dan suhu tubuh, otak juga bertanggung jawab atas fungsi seperti pengenalan emosi ingatan pembelajaran motorik dan segala bentuk pembelajaran lain nya.

Namun kebiasaan yang dilakukan oleh kita dalam kehidupan sehari-hari ternyata perlahan mampu mempengaruhi otak kita, seperti apa  kebiasaan yang dilakukan  oleh kita yang ternyata merusak otak kita.

  1. Tidak sarapan

Mereka yang tidak sarapan ternyata sangat mempengaruhi daya ingat kita karena ketika kita tidak sarapan akan memiliki kadar gula darah yang rendahhal ini akan memicu ketidakcukupan nutrisi paa otak padahal otak butuh nutrisi yang cukup untuk tetap bisa beklerja, akibat kurang suplai nutrisi terutama glukosa, akhirnya kemampuan otak akan menurun.

  1. Makan berlebihan

Kebiasaan yang dapat merusak otak ialah makan yang berlebihan, kenapa bisa seperti itu, kenapa ada hadist yang mengatakan bahwa makanlah sebelum lapar berhentilah sebelum kenyang, dan hal itu memang benar karena makan yang berlebihan bukan saja tidak baik bagi tubuh tapi juga mempengaruhi kesehatan otak anda.

  1. Meroko

Sudah tertera dalam kemasan rokok bahwa bahaya dari meroko itu sendiri menyebabkan kerusakan pada otak, meroko aktif dan pasif sama bahayanya, zat kimia yang terkandung dalam asap rokok   bisa berampak buruk bagi kesehatan khusunya untuk organ otak, meroko bisa membuat sel-sel saraf akan menyusut pada bagian hippocampus dan kontreks depan, dimana bagian tersebut berfungsi untuk menyimpat ingatan.

  1. Polusi udara

Otak tentunya membutuhkan oksigen agar tetap terjaga kesehatan nya, namun apabila udara yang kita hirup ternyata sudah tercemar oleh polusi maka hal ini bisa mengurangi suplai oksigen keotak, yang mana hal ini akan mengurangi efisiensi otak di dalam bekerja, selain mempengaruhi kesehatan otak, polusi udara juga dapat membunuh anda secara perlahan.

  1. Menutup kepala saat tudur

Pernahkan anda menutup kepala saat tidur? Jika iya, hentikan mulai dari sekarang karena kebiasaan tersebut bisa membuat otak memjadi rusak. Tidur dengan kepala di tutup bantal akan meningkatkan konsentrasi karbondioksida ke otak, saat bernafas saat kepala tertutup karbondioksida hasil bernafas akan masuk kembali ke dalam tubuh dan hal itu sangat bebahaya.

SILAHKAN BERTANYA ATAU KOMENTARI

kesehatan